Cara Mudah Memperbanyak Mint Dengan Stek

Hallo masyarakat pecinta tanaman dan penghobi berkebun!

Tau dong ya sama daun mint?


Mentha atau daun mint yang berasal dari keluarga lamiaceae ini penggunaanya nggak terbatas hanya pada garnish untuk mempercantik makanan kisanak sekalian saja, tetapi juga dikonsumsi sebagai campuran kue dan minuman. Saya sendiri paling suka mengkonsumsi mint dengan es teh atau es markisa.

Selain enak dan menyegarkan daun mint ternyata juga punya banyak manfaat kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan kulit karena mengandung vitamin E dan D sampai mampu mengurangi resiko kanker karena kaya akan antioksidan, bahkan bisa dijadikan jamu untuk membakar lemak bagi yang ingin berdiet! satu tanaman bisa dapat cantik, sehat dan langsing. luarbiasa kan?

Memperbanyak daun mint itu gak susah-susah banget, karena bisa kisanak sekalian lakukan dengan stek.

Pengen coba? pengen? pengen aja apa pengen banget?

Baiklah kisanak akan aku beritahukan caranya.

Jadi begini caranya Memperbanyak Mint Dengan Stek

Pertama, siapin dulu pot atau polybag ukuran berapa aja terserah. Mau yang kecil atau yang segede gaban gendong gajahpun bisa. Kemudian pot atau polybag tadi diisi tanah kompos dan sekam dengan perbandingan 1:1 (kalau kisanak nggak punya sekam cukup pakai tanah kompos saja). Kemudian siram polybag yang sudah diisi tadi sampai basah.

polybag yang sudah diisi kompos dan sekam dan disiram

Kemudian cari indukan yang akan di stek,

Indukan mint 

Potong indukan mint seperti pada gambar,


Kemudian tancapkan kedalam polybag berisi tanah yang telah disiram tadi,


tancaaap!


tertancap

Kemudian 7-12 hari kemudian... Taraaaaaaaaaaa!

stek berumur 12 hari 

Gimana? mudah banget kan. Selamat Bekerja, dengan memperbanyak mint seperti ini anda tidak akan takut kehabisan stok daun mint untuk dipergunakan di dapur rumah anda :)

Semoga bermanfaat