5 Fakta Unik Tentang Belalang Sembah



Ketika saya sedang bekerja dikebun pada sore hari, tidak sengaja saya menemukan satu teman kecil, pemburu ulung, dan pemakan hama yang namanya belalang sembah.
Belalang sembah atau cengcorang atau juga dalam bahasa inggris dinamakan praying mantis, adalah jenis serangga yang umumnya dapat kebuners ditemukan di sekitar lingkungan. Baik itu dilingkungan rumah, ataupun kebun. Alasan serangga ini dinamakan belalang sembah adalah karena sikapnya yang seperti berdoa. Belalang sembah banyak menginspirasi diantaranya adalah inspirasi dari jurus Talangquan yang diciptakan oleh Wang lang, selepas kalah dari pertarungan. Selain itu lagu dari Waldjinah yang berjudul Walang kekek juga terinspirasi dari belalang sembah. 

Pada tulisan kali ini, saya ingin mengulas tentan 5 Fakta Tentang Belalang Sembah. Apa saja? Yuk kita simak.



1. Satu-satunya serangga yang bisa memutar kepala 180°
Kemampuan memutar kepalanya inilah yang menjadi kelebihan belalang sembah dalam berburu mencari mangsa. The one and only, Hebat kan kebuners. 

2.  Belalang sembah adalah serangga karnivora
Belalang sembah adalah serangga karnivora yang dapat memakan berbagai jenis mangsa (folipagus). Nah kebuners, bahkan belalang sembah juga memiliki sifat kanibalisme (memakan sesama) sifat kanibalisme ini biasanya berlaku pada belalang sembah betina yang memakan belalang sembah jantan sebelum acara kawinan. Perilaku kanibalisme sebelum acara kawinan adalah perilaku alami dari belalang sembah betina. Sebuah proses yang sadis, kepala dari belalang sembah jantan dimakan dan kemudian setelah kepala habis, terjadilah proses perkawinan seperti biasa. Perilaku ini juga bertujuan agar sang betina mendapat nutrisi untuk meningkatkan kesuburan hasil dari perkawinan mereka. Kanibalisme tidak terjadi jika sang jantan bisa mengendap- endap dan sukses melakukan acara kawinan secara diam-diam, tanpa diketahui sang betina. Jika belalang sembah jantan tertangkap sesudah acara kawinan, belalang sembah betina tetap akan memakannya. Jadi acara kawinannya harus hit and run jika ya kebuners hehe.
Karena sifat karnivora dan bisa memakan berbagai macam jenis mangsa inilah yang menjadikan belalang sembah secara tidak langsung menjadi teman petani. Makanan belalang sembah antara lain adalah ulat, jangkrik, kupu-kupu, dan berbagai macam serangga kecil lainnya. 

kanibalisme pada belalang sembah


serangga karnivora