Memanfaatkan Cangkang Telur Untuk Pupuk Tanaman

Mendaur ulang sampah rumah tangga memang tidak ada ruginya, pupuk gratis bisa didapat jika kebuners pandai untuk mengolah sampah rumah tangga itu kembali. Setiap hari sampah yang dihasilkan dari dapur bisa untuk mencukupi nutrisi pada tanaman kebuners. Fokus untuk judul kali ini adalah cangkang telur. Setiap rumah pasti memiliki sampah rumah tangga berupa cangkang telur, tetapi sayangnya cangkang telur kebanyakan hanya dibuang begitu saja tanpa diolah lagi, padahal cangkang telur ini bisa menjadi pupuk organik tambahan bagi tanaman kebuners.
Cangkang telur memiliki unsur hara makro yang diperlukan oleh tanaman.
Cangkang Telur


Kandungan pada cangkang telur terdiri atas 97% kalsium karbonat, sisanya fosfor, magnesium, natrium, kalium, seng, mangan, besi, dan tembaga. Kandungan kalsium yang cukup besar berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi bagi tanaman.
Cangkang Telur Yang Dihancurkan

Kalsium adalah salah satu unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Manfaat kalsium antara lain adalah untuk
  1. merangsang pertumbuhan akar
  2. mempercepat penyerapan kalium
  3. mendorong pembentukan buah dan biji
  4. membentuk dinding sel yang diperlukan dalam pembentukan sel baru
  5. memperkokoh batang tanaman
Kekurangan kalsium pada tanaman biasanya ditandai dengan gejala keriting pada daun muda.
Pengolahan cangkang telur sebagai pupuk pun sangat mudah, kebuners hanya tinggal menyimpan cangkang telur sebanyak mungkin dan kemudian bisa kebuners hancurkan untuk dijadikan tepung atau berupa remah kasar. cangkang telur yang sudah hancur bisa langsung ditaburkan ke sekitaran tanaman kebuners. Jika cangkang telur yang kebuners simpan masih kurang, kebuners bisa kok meminta kepada tukang martabak atau juga warung dan rumah makan.

Baca juga : 5 Tips Cara Menanam Tanaman Buah Yang Baik Dan Benar


Jika kebuners ingin membuat pupuk cair organik, cangkang telur yang sudah dihancurkan, dicampur dengan kulit dari bawang merah, bakteti Em4,  dan gula merah, kemudian simpan ke dalam wadah lalu tutup rapat wadah tersebut. Pupuk cair organik bisa dipakai 2minggu kemudian.

Baca juga : 10 Tanaman Hias Yang Cocok Di Tanam Dalam Ruangan

Untuk tambahan cangkang telur yang ditaburkan disekitaran tanaman juga bisa sebagai penghalau siput karena menurut pengalaman penulis, siput tidak bisa melewati areal yang ditaburi cangkang telur tersebut.

Yuk manfaatkan sampah dapur, jangan buang lagi cangkang telurnya.

Terima kasih sudah berkunjung ke website Kebun kecil


Untuk informasi lebih lanjut dan update terbaru dari Kebun Kecil. Silahkan kunjungi kami di Facebook dan juga  Instagram ya!  :)

Description : Download Memanfaatkan Cangkang Telur Untuk Pupuk Tanaman from the above resolutions from the directory Android or Iphone. This image posted by Mambogermany and if you don’t find the exact resolution you are looking for, then go for Original or higher resolution which may fits perfect to your desktop.

Tags

Disclaimer : This image is provided only for personal use. If you found any images copyrighted to yours, please contact us and we will remove it. We don't intend to display any copyright protected images.

Related Posts