Pemanfaatan Daun Bambu Sebagai Pupuk dan Mulsa Organik

Pohon bambu identik dengan keteduhan dan tentunya terkenal sebagai makanan panda. Di Indonesia bambu bisa tumbuh subur  dengan kondisi tanah apa saja. Pohon bambu bisa ditemukan dihutan, dikebun maupun di pinggiran sungai. Pohon bambu juga memegang peranan penting dalam penyuplai oksigen. Menurut penelitian, pohon bambu hampir 35 persen lebih baik dari pohon lain dalam hal menghasilkan oksigen,  dan tidak cuma itu pohon bambu juga menyerap karbondioksida sebanyak 1,2 ton setiap tahun.


pohon bambu 

Selain dari yang sedikit penulis jabarkan pada paragraf atas, apa saja yang terlintas dipikiran kebuners jika mendengar kata "bambu"?  Apakah yang terlintas pertama kali dipikiran kebuners bahan baku bangunan, bahan baku furniture atau yang lainnya? Bambu memang kerap dijadikan sebagai bahan baku bangunan ataupun furniture. Baik bangunan permanen ataupun semi permanen. Lantas bagaimana dengan daun bambu? Apa yang ada dipikiran kebuners tentang itu? Jika menurut kebuners daun bambu hanya sebagai sampah, kebuners salah. Daun bambu bisa di manfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pupuk kompos, media tanam dan juga mulsa organik. Pemanfaatan daun bambu sedang tren pada zaman sekarang ini, apalagi sudah banyak pekebun, petani, dan penghobi tanaman yang beralih ke cara pertanian yang lebih sehat yaitu pertanian organik.


Daun bambu mengandung unsur hara p dan k. Kedua kandungan unsur ini sangat untuk perbaikan struktur tanah dan berguna bagi pertumbuhan tanaman.

Unsur p (phospat) adalah fosfor yang sangat berguna untuk merangsang pertumbuhan akar terutama pada masa awal pertumbuhan tanaman, mempercepat pembungaan dan pemasakan buah. Sedangkan fungsi K (kalium) adalah menguatkan batang agar tidak mudah roboh, meningkatkan kualitas buah,  membuat biji menjadi berisi dan padat.
Jika unsur P dan K sudah ada pada daun bambu, maka kebuners tinggal menambahkan unsur N yang terdapat pada kotoran ternak besar dan lengkaplah sudah media tanam kebuners.

Baca juga : peranan pupuk kandang sebagai penyubur tanah


Selain untuk diolah menjadi pupuk kompos, daun bambu juga bisa dijadikan mulsa organik pengganti mulsa yang terbuat dari  plastik. Mulsa dari daun bambu ini berguna untuk menutup tanah sekitar tanaman kebuners agar tidak ditumbuhi gulma dan juga menjaga kelembapan tanah sekitar perakaran tanaman. Penggunaan mulsa plastik  memang sangat membantu, tetapi mulsa plastik tidak akan bertahan lama, bisa saja mulsa plastik ini robek atau rusak karena banyak faktor. Baik itu faktor dari kesalahan manusia ataupun faktor alam. Jika rusak, mulsa plastik jadi tidak terpakai lagi dan menjadi sampah.  Harga mulsa plastik pun tidak murah, kita harus membayar per meter untuk mendapatkan mulsa plastik ini. Sangat jauh berbeda dengan mulsa dari daun bambu, makin rusak makin baik untuk tanah, karena nilai plusnya yang dapat terurai. Untuk harganya pun lebih murah, bahkan bisa gratis jika kebuners mempunyai pohon bambu di lahan pertanian kebuners.


Apakah kebuners berminat untuk membuat kompos dari daun bambu, atau menggunakannya sebagai mulsa penutup tanah yang murah dan bermanfaat bagi tanaman kebuners. Yuk berorganik dan jaga lingkungan kita untuk masa depan bumi yang ramah terhadap mahluk hidup :)


Terima kasih sudah berkunjung ke website Kebun kecil

Untuk informasi lebih lanjut dan update terbaru dari Kebun Kecil. Silahkan kunjungi kami di facebook dan juga Instagram ya! :)

Description : Download Pemanfaatan Daun Bambu Sebagai Pupuk dan Mulsa Organik from the above resolutions from the directory Android or Iphone. This image posted by Mambogermany and if you don’t find the exact resolution you are looking for, then go for Original or higher resolution which may fits perfect to your desktop.

Tags

Disclaimer : This image is provided only for personal use. If you found any images copyrighted to yours, please contact us and we will remove it. We don't intend to display any copyright protected images.

Related Posts