Cara Menanam Pohon Kelor Dari Stek

Seperti yang kita ketahui, bahwa tanaman kelor terkenal sebagai tanaman ajaib yang mempunyai banyak manfaat. Baik dari segi kesehatan maupun dari segi lingkungan. Dilihat dari segi kesehatan, kelor bisa menjadi penambah gizi dan obat yang cukup murah untuk keluarga kebuners. Dan dari segi lingkungan kelor bisa menjadi tanaman yang bermanfaat untuk konservasi tanah, penahan longsor dan juga terasering.



Perbanyakan kelor bisa dengan cara stek (vegetatif ). Caranya pun cukup mudah dan juga tidak memakan banyak waktu untuk pengerjaannya


Langkah - langkah CARA MENANAM POHON KELOR DARI STEK  tidak terlalu rumit. 
Langkah paling awal adalah kebuners harus menyiapkan dulu pot, wadah, atau bisa juga memakai polibag  dan juga jangan lupa media tanam yang subur. Media tanam yang subur mempercepat pertumbuhan akar dan tunas.
Bahan dan alat yang kebuners butuhkan adalah 
  • Batang kelor 
  • Media tanam, bisa berupa tanah kompos / gembur / sekam bakar
  • Gunting pemotong dahan / golok
  • Polybag / pot

Batang kelor yang dipilih untuk bibit stek adalah batang yang sehat, dengan diameter 3-5 cm. Batang kelor bisa didapatkan dengan membeli di penjual tanaman, atau bisa juga di tetangga kebuners yang dermawan :) .

Media tanam bisa berupa kompos, tanah biasa, ataupun sekam bakar. Disini penulis memakai media berupa tanah yang sudah bercampur kompos dengan perbandingan 1:1
Penting untuk di ingat, media tanam harus porous, karena jika media tanam becek akan berpengaruh kepada stek batang pohon kelor tersebut. Media tanam yang becek atau mengandung air akan membuat stek batang pohon kelor cepat busuk.



1. Langkah pertama masukkan media tanam ke dalam polybag / pot yang sudah disediakan


2. Selanjutnya potong batang kelor kemudian tancapkan ke media tanam


3. Tempatkan batang kelor yang sudah di tancap ke media tanam pada tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung


4. Jaga kelembapan media tanam, Siram jika media terlihat kering.


Pada usia 10-15 hari  tunas pada batang mulai bermunculan.
Pada usia 30 - 40 hari kelor sudah bisa di tanam di lahan terbuka.


Baca juga. : Kelor si tanaman ajaib

Pohon kelor harus rutin dipangkas, gunanya adalah untuk menjaga agar pohon kelor tidak terlalu tinggi dan pemangkasan juga akan mendorong tumbuhnya percabangan baru.

Pohon kelor memerlukan banyak sinar matahar dan cukup air untuk pertumbuhannya, maka dari itu kebuners harus memilih tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung agar pertumbuhan pohon kelor bisa tumbuh optimal. 

Pohon kelor tahan pada cuaca panas atau kering, tetapi tidak untuk cuaca musim dingin. Cuaca musim dingin akan membuat pohon kelor mati. Beruntunglah saya dan juga kebuners yang hidup di Indonesia, karena negara kita Indonesia ini  memiliki iklim tropis.

Yuk tanam pohon kelor di pekarangan rumah kebuners, dengan menanam pohon kelor kita bisa mendapatkan banyak manfaat yang sudah pasti dapat langsung kebuners nikmati sendiri.


Terima kasih sudah berkunjung ke website Kebun kecil

Untuk informasi lebih lanjut dan update terbaru dari Kebun Kecil. Silahkan kunjungi kami di Facebook dan juga  Instagram ya!  :)


Description : Download Cara Menanam Pohon Kelor Dari Stek from the above resolutions from the directory Android or Iphone. This image posted by Mambogermany and if you don’t find the exact resolution you are looking for, then go for Original or higher resolution which may fits perfect to your desktop.

Tags

Disclaimer : This image is provided only for personal use. If you found any images copyrighted to yours, please contact us and we will remove it. We don't intend to display any copyright protected images.

Related Posts