Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag

Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag

Harga cabe yang naik sering memusingkan ibu-ibu rumah tangga. Ya jelas saja pusing, jika harga cabe naik, maka uang belanja  pun juga bertambah. Kebuners setuju tidak, jika makan tanpa sambal terasa hambar? Apalagi untuk yang suka pedas, kurang sambal kurang greget.

Solusi yang tepat untuk mengatasi harga cabe yang naik agar kebutuhan rumah tangga tetap terjamin  dan selalu bisa makan sambal, adalah menanam cabe. Untuk penanaman cabe tidak sulit kok kebuners.
Saya tidak punya lahan halaman saya sempit tidak ada tanah yang tersisa di halaman saya

Penulis pikir itu hanya alasan klasik karena malas, polybag bisa jadi alat yang tepat untuk mengatasi keterbatasan lahan.  Polybag juga bisa di taruh di atas semen, itu jika halaman kebuners di cor semua. Untuk memulai cara menanam cabe di polybag yuk simak



Siapkan dulu alat dan bahannya :

1. Pertama-tama siapkan dulu benih cabe nya. Benih cabe banyak di jual di toko pertanian, kebuners tinggal pilih mana merk yang bagus untuk kebuners tanam.

2. Siapkan Polybag dan media tanam. Pilihlah polybag berukuran 35×40 cm. Ukuran 35×40 sudah cukup bagus untuk perakaran cabe.

3. Media tanam yang cocok adalah pupuk kandang, tanah, dan kompos dengan perbandingan 1:1

4.Tempat penyemaian benih cabe. Menyemai cabe bisa dengan memggunakan alat semai atau plastik bungkus es. Disini penulis memakan plaatik bungkus es.

5. Pinset untuk menaruh  biji ke tempat penyemaian

6. Air hangat dan wadah untuk merendam biji

7. Satu siung bawang merah, gunanya untuk merangsang benih agar cepat tumbuh

Untuk mengetahui ebih lanjut kenapa penulis memakai bawang merah sebagai perangsang tumbuh bisa kebuner klik disini : Bawang Merah Sebagai Zat Perangsang Tumbuh Alami


- Jika alat dan bahan sudah siap maka tahap berikutnya adalah menyiapkan tempat semai. Isi tempat penyemaian dengan media tanam yang sudah kebuners siapkan.

- Selanjutnya lakukan perendaman benih cabe pada air hangat dan masukkan juga irisan bawang merah kedalam wadah perendaman, bercampur dengan benih cabe tadi.
Benih cabe yang bagus adalah benih cabe yang tenggelam jika di rendam, buang benih cabe yang timbul, karena benih yang timbul tidak akan bisa tumbuh. Perendaman benih cabe memakan waktu 3 jam.
Proses perendaman benih cabe


- Setelah 3 jam, tiriskan benih cabe dan kemudian siap untuk dimasukkan ke tempat penyemaian


Penyemaian benih cabe

Cabe usia 10 hari



- Pindahkan cabe ke polybag besar ketika usianya 2-3 minggu



Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag

- Rawat cabe sampai berbuah, batang cabe pada bagian bawah  bisa di pangkas untuk merangsang pertumbuhan cabang atas.  Berikan pupuk secara berkala



Cabe rawit



Mudah bukan? Perlu kesabaran dan ketelatenan agar tanaman cabe bisa tumbuh bagus. Setelah membaca Cara menanam cabe di polybag apakah kebuners berminat untuk menanam cabe juga? 


 Terima kasih sudah berkunjung ke website Kebun kecil

Untuk informasi lebih lanjut dan update terbaru dari Kebun Kecil. Silahkan kunjungi kami di facebook dan juga Instagram ya! :)









Description : Download Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag from the above resolutions from the directory Android or Iphone. This image posted by Mambogermany and if you don’t find the exact resolution you are looking for, then go for Original or higher resolution which may fits perfect to your desktop.

Tags

Disclaimer : This image is provided only for personal use. If you found any images copyrighted to yours, please contact us and we will remove it. We don't intend to display any copyright protected images.

Related Posts