5 Tips Merawat Tanaman Dalam Ruangan

Tidak ada bedanya dengan tanaman luar ruangan, Tanaman Dalam Ruangan juga perlu dirawat loh kebuners. Perlakuan terhadap tanaman dalam ruangan pun juga tidak boleh sembarangan, malah terkadang kebuners harus lebih ekstra dalam penanganan perawatan tanaman tersebut, karena pada dasarnya luar dan dalam ruangan memiliki keadaan yang berbeda contohnya perbedaan pada suhu dan cahaya matahari. Bagaimana cara yang baik agar tanaman dalam ruangan kebuners bisa tumbuh dengan bagus, berikut yuk simak 5 Tips Merawat Tanaman Dalam Ruangan.

Tanaman Dalam Ruangan




1. Pemilihan Media Tanam

Media tanam adalah unsur penting dalam menanam, karena penempatan tanamannya di dalam ruangan maka pilihlah media tanam yang bagus, tidak becek, porous, dan bisa menyimpan air dan juga bisa selalu terjaga kelembapannya. Karena logisnya tanaman dalam ruangan tidak memerlukan terlalu banyak air, hanya memerlukan media yang selalu lembap. Contoh media tanamnya adalah cocopeat, cacahan pakis, sekam, kompos bunga aren, dan lain-lain.
Media Tanam



Jika kebuners ingin tahu lebih banyak tentang kompos bunga aren, bisa kebuners klik disini Indoor Plant Banjar




2. Pilihlah Penempatan Perhatikan Sirkulasi Udara, Suhu Dan Pot Yang Pas

Mencari penempatan yang pas untuk tanaman adalah hal yang juga perlu kebuners perhatikan. Karena selain untuk menjaga estetika ruangan, penempatan yang pas juga mempermudah kebuners untuk mengangkat tanaman, jikalau tanaman itu perlu asupan sinar matahari, untuk tanaman monstera contohnya. Tanaman monstera perlu cahaya matahari setidaknya seminggu sekali agar proses fotosintesis tanaman tetap berjalan normal. Kalau kebuners menaruh tanaman dekat dengan jendela yang bisa terkena sinar matahari, kebuners tidak perlu repot lagi untuk mengangkat tanaman tersebut keluar ruangan. Sirkulasi udara dan suhu ruang juga berpengaruh kepada kesehatan tanaman kebuners, jika suhunya terlalu panas tanaman akan layu dan susah untuk berkembang baik. Pot juga berpengaruh kepada nilai estetika jika potnya bagus maka nilainya juga bertambah bagus. Untuk bahan pot, pilihlah bahan yang ringan namun kuat agar jika kebuners ingin mengangkat tanaman, kebuners tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga.


Baca juga : Manfaat Air Kelapa



3. Pahami Karakter Tanaman

Pada dasarnya tanaman mempunyai karakter  dan kebutuhan yang berbeda - beda. Berikanlah asupan dan perhatian sesuai dengan karakter tanaman yang kebuners punya agar tanaman kebuners bisa hidup dengan baik dan normal.



Monstera Rambat



4. Memperhatikan Penyiraman Dan Pemupukan

Perhatikan penyiraman, karena tanaman berada di dalam ruangan maka tidak perlu terlalu sering disiram untuk menghindari pembusukan pada akar. Air yang banyak bisa saja menjadi petaka bagi akar tanaman dan berefek pada kematian tanaman tersebut. Tetapi jika tanaman tersebut memang suka dengan air maka kebutuhan air yang harus terus diperhatikan, kembali pada point ke 3, pemahaman karakter tanaman. Lakukan juga pemupukan rutin agar tanaman kebuners tetap terjaga nutrisinya.


Baca juga : Sirih Buat Mata



5. Lakukan Pemangkasan Jika Dirasa Sudah Diperlukan

Nah untuk yang terakhir adalah pemangkasan. Jika pot sudah penuh dengan tanaman maka perlu dilakukan pemangkasan untuk mengembalikan kecantikan dari tanaman kebuners. Bukan hanya itu, bagian yang sakit juga bisa dibuang dengan pemangkasan.


Itu tadi 5 Tips Merawat Tanaman Dalam Ruangan, setelah kebuners membaca tulisan tersebut, tidak terlalu sulit untuk merawat tanaman dalam ruangan kan?


Terima kasih sudah berkunjung ke website Kebun kecil

Untuk informasi lebih lanjut dan update terbaru dari Kebun Kecil. Silahkan kunjungi kami di facebook dan juga Instagram ya! :)

Description : Download 5 Tips Merawat Tanaman Dalam Ruangan from the above resolutions from the directory Android or Iphone. This image posted by Mambogermany and if you don’t find the exact resolution you are looking for, then go for Original or higher resolution which may fits perfect to your desktop.

Disclaimer : This image is provided only for personal use. If you found any images copyrighted to yours, please contact us and we will remove it. We don't intend to display any copyright protected images.

Related Posts