Cara mudah stek pohon tin

Pada awalan ini, penulis ingin memberitahukan kepada kebuners yang belum tahu apa itu stek. Jadi stek itu adalah termasuk kedalam kategori perbanyakan tumbuhan atau tanaman secara vegetatif. Perbanyakan secara vegetatif memerlukan bagian pada tumbuhan untuk di perbanyak. Bisa berupa batang, daun atau akar. 


Ngomong- ngomong, penulis pernah mendapat pertanyaan seperti ini "Memangnya tin bisa di stek ? Bukannya tin itu di cangkok ya? "
Jawabannya adalah bisa, karena Tanaman tin merupakan  tanaman yang gampang diperbanyak. Kebuners bisa melakukan beberapa cara untuk memperbanyak pohon tin. Tergantung kebutuhan. Selain dicangkok bisa juga dengan metode stek dan juga tidak harus punya keahlian khusus seperti batman superman atau spiderman untuk bisa menstek pohon tin ini. Ya tidak perlu jadi superhero dulu biar bisa nyetek  tin, Sing peting yakin. Pada kesempatan kali ini, penulis akan berbagi pengalaman dan cara stek tin dengan mudah.


Oke sekarang siapkan dulu alat dan bahannya ya

Bahan :
  • Batang tin, secukupnya
  • Media tanam , untuk media tanam penulis memakai  media dari batang aren yang sudah lapuk. Kalau kebuners tidak punya, bisa juga memakai cocopeat
  • Perangsang akar, bisa memakai bawang merah atau perangsang akar buatan pabrikan. 
  • Fungisida
  • Air secukupnya


Alat   : 

  • Gunting Pemotong ranting kalau tidak ada bisa diganti dengan pisau tajam atau pisau cutter
  • Wadah untuk media, bisa berupa gelas plastik bekas yang sudah dilubangi pada bagian bawahnya untuk mengeluarkan air, agar tidak over watering. 
  • Ember untuk merendam batang tin
  • Plastik untuk sungkup (opsional) 



Baca juga  : Mengenal tanaman buah tin atau ara


Kalau semua alat dan bahan sudah disiapkan, mari kita mulai untuk stek.

Setelah batang tin tadi dipotong, kebuners bisa diamkan dulu untuk sesaat, agar getah dari batang bisa keluar dan tidak bersisa lagi.










Buang daun yang masih ada. Pembuangan daun ini perlu untuk mengurangi penguapan pada stek.

Cuci bersih batang tin yang sudah dipotong lalu masukkan ke dalam wadah atau ember, yang sudah berisi air , fungisida, dan juga perangsang akar

Rendam batang tin selama 1 jam



Sembari menunggu rendaman stek, kebuners siapkan wadah dan media. Masukkan media tanam ke dalam gelas plastik.


Contoh media tanam yang penulis pakai 






Setelah perendaman 1 jam, tiriskan stek tin , kemudian tancapkan ke media tanam yang sudah kebuners siapkan tadi.




Pada sentuhan akhir setelah di tancapkan, kebuners bisa menyungkup stek untuk menjaga kelembapan media dan batang stek. Sungkup ini adalah opsional. Bisa juga tidak dilakukan tapi dengan catatan ruangan menaruh stek suhunya terjaga ( suhu ruangan ) itu bermaksud agar stek tin tidak kering atau mati. Pada usia 4 minggu stek tin sudah berakar dan siap ubtuk diperkenalkan ke cahaya matahari.



Untuk tutorial mencangkok bisa kebuners baca disini : Ide kreatif Cara Mencangkok Dengan Memanfaatkan Gelas Bekas Air Mineral


Nah itu tadi sedikit pengetahuan untuk mengenal tentang  stek pohon tin. Mari hijaukan bumi kita, ayo tanam pohon yang banyak, sedekah oksigen, jangan buang sampah sembarangan, mari kita jaga alam kita, kalau bukan kita siapa lagi?
Kebuners berminat untuk menanam pohon tin?
Yuk tanam :)

Terima kasih sudah berkunjung ke website Kebun kecil

Untuk informasi lebih lanjut dan update terbaru dari Kebun Kecil. Silahkan kunjungi kami di Facebook dan juga  Instagram ya!  :)




Description : Download Cara mudah stek pohon tin from the above resolutions from the directory Android or Iphone. This image posted by Mambogermany and if you don’t find the exact resolution you are looking for, then go for Original or higher resolution which may fits perfect to your desktop.

Tags

Disclaimer : This image is provided only for personal use. If you found any images copyrighted to yours, please contact us and we will remove it. We don't intend to display any copyright protected images.

Related Posts