Ide kreatif Cara Mencangkok Dengan Memanfaatkan Gelas Bekas Air Mineral

Hallo kebuners, kenal dengan kata "cangkok" ? Apasih cangkok itu? Mencangkok adalah usaha dalam memperbanyak tanaman baru atau pengembangbiakan dengan cara vegetatif buatan. Tidak semua tumbuhan dapat dicangkok, tumbuhan yang dapat di cangkok hanya tumbuhan dikotil dan biji terbuka. Dengan mencangkok kita dapat dengan mudah memperbanyak tanaman.

Hasil cangkokan yang telah berakar

Ada beberapa keuntungan yang didapat dari memperbanyak tanaman dengan metode cangkok, antara lain adalah :

1. Tanaman keturunan yang dihasilkan sifatnya menyerupai induknya. Berbeda dengan perbanyakan melalui biji, sifat tanaman bisa jadi berbeda dengan indukan.
2. Lebih cepat berbuah
3. Tanaman tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu besar. Tanaman yang berasal dari cangkok, cocok untuk penghobi berkebun ataupun para penghobi tanaman yang mempunyai masalah dengan keterbatasan lahan. Bibit tanaman cangkok adalah solusinya. Selain lebih cepat berbuah, tanaman cangkok juga bisa ditanam di pot.

Nah sekarang mari kita mulai cara mencangkok tanaman dengan memanfaatkan gelas air mineral bekas:

Alat dan bahan kita sediakan :
1. Gunting
2. Lakban
3. Pisau
4. Gelas air mineral
5. 1 siung bawang merah





Setelah alat dan bahan di siapkan, kita lanjut ke pemotongan gelas bekasnya. Lubang pada bagian bawah gelas menyesuaikan ukuran diameter batang yang akan di cangkok.



Kemudian kita kerat batang tanaman yang akan di cangkok, kerat hanya separo saja. Itu agar suplai makanan ke bagian atas batang tetap ada.

Pada foto berikut, tanaman yang akan kita cangkok adalah tanaman Tin.



Nah setelah itu, ambil bawang merah. Gosokkan pada keratan batang tanaman tin tadi.  Fungsi bawang merah disinj adalah sebagai ZPT. ZPT merupakan zat perangsang tumbuh, yang bisa mempercepat tumbuhnya akar pada batang yang di cangkok.



Selesai dengan urusan gosok menggosok bawang merah ke keratan batang tin. Kita lanjutkan dengan pemasangan gelas air mineral ke tanamannya.



Kemudian masukkan tanah ke gelas air mineral tadi. Padatkan, agar kedudukan nya kokoh dan tidak goyang atau goyah. 



Terakhir,  tutup bagian atas dengan menggunakan lakban, agar tanah media cangkok tidak tumpah berhamburan.




Cangkokan tin yang telah berakar

Cangkokan bisa di potong pada minggu ke tiga atau ke empat. Setelah dipotong cangkokan ditanam dulu pada polybag ukuran sedang. Usahakan jangan kena sinar matahari langsung selama dua minggu untuk proses adaptasi. Setelah dua minggu bibit cangkokan tadi bisa dipindah lagi ke lahan atau pot agar pertumbuhannya bisa optimal.

Metode cangkok dengan memanfaatkan gelas bekas air mineral ini bisa di gunakan untuk mencangkok pohon apa saja selain tin, jangan terpaku pada contoh model pada foto. Boleh juga di coba pada pohon jeruk, apel, mangga, jambu, dan lain lain.


Untuk informasi lebih lanjut dan update terbaru dari Kebun Kecil. Silahkan kunjungi kami di facebook dan juga Instagram ya! :)

    Description : Download Ide kreatif Cara Mencangkok Dengan Memanfaatkan Gelas Bekas Air Mineral from the above resolutions from the directory Android or Iphone. This image posted by Mambogermany and if you don’t find the exact resolution you are looking for, then go for Original or higher resolution which may fits perfect to your desktop.

    Tags

    Disclaimer : This image is provided only for personal use. If you found any images copyrighted to yours, please contact us and we will remove it. We don't intend to display any copyright protected images.

    Related Posts